Rempah Jintan Hitam Mampu Atasi Infeksi

Minggu, 02 Oktober 2016 - 04:09 WIB
Rempah Jintan Hitam Mampu Atasi Infeksi
Rempah Jintan Hitam Mampu Atasi Infeksi
A A A
JAKARTA - Jintan Hitam merupakan rempah-rempah asal timur tengah yang memiliki cukup banyak khasiat di antaranya menyembuhkan infeksi.

Pakar Herbal Tjok Gede Kerthayasa mengatakan mengonsumsi obat herbal yang mengandung rempah jintan hitam bisa menyembuhkan beberapa pemyikit ringan maupun berat. "Sebenarnya obat herbal itu bisa menyembuhkan beberapa penyakit berat dan ringan, tergantung dari bahan dasar yang digunakan, seperti jintan hitam bisa menyebuhkan infeksi," kata Tjok Gede kepada Sindonews di Jakarta.

Jintan hitam atau habbatussauda (higella sativa Linn) merupakan rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun dan digunakan secara luas masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jenis tanaman ini disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam, di mana jintan menjadi rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat.
Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya.
Obat tradisional banyak digunakan karena beberapa penelitian dinilai tidak terlalu menyebabkab efek samping karena masih bisa dicerna tubuh. Beberapa perusahaan pun mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut. Demikian dengan jintan hitam ini.


(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5463 seconds (0.1#10.140)